Pages

Wednesday, May 18, 2011

Budaya


Komunikasi Dengan Orang Jawa

Setiap hari mungkin anda bertemu dan berkomunikasi dengan orang Jawa. Dan mungkin juga masalah anda bukan hanya bahasa, tetapi juga kultur. Anda tahu, komunikasi tidak selalu memakai kata-kata. Kadang-kadang orang bisa berkomunikasi dalam diam.
Orang-orang Barat tidak sama dengan orang-oranag Jawa. Orang Barat suka berbicara langsung pada masalah dan efisien. Orang Jawa tidak seperti itu. Orang-orang Jawa suka berfilosofis. Mereka suka berbicara berputar-putar untuk satu masalah yang sederhana/simple. Mungkin anda merasa tidak sabar, tetapi itu adalah karakteristik orang Jawa.
Orang Jawa sangat sensitif. Kadang-kadang perasaan lebih dominan dari pada rasionalitas. Orang Jawa percaya kepada intuisi dan supranatural. Mimpi juga sering punya arti penting dalam hidup orang Jawa. Satu contoh, ada seorang Ibu  mau pergi jauh. Dia bermimpi buruk sebelum pergi. Ibu itu mungkin tidak mau pergi. Dia takut. Dia berpikir akan ada masalah waktu dia pergi.
Kalau anda marah dengan orang Jawa, anda tidak bisa marah dengan spontan di depan banyak orang. Kalau anda marah seperti itu, orang Jawa menjadi marah dengan anda. Dia akan sulit menjadi baik kembali.
Orang Jawa sering bekerja lambat. Mereka pikir waktu masih panjang. Kalau waktu hampir habis, mereka bekerja cepat-cepat. Mereka tidak bisa bekerja maksimal. Orang jawa punya  filosofi,” Alon-alon asal kelakon.” Artinya, pelan-pelan asal sampai/selesai.
Orang Jawa sulit berkata tidak. Di dalam diri mereka sering ada kontradiksi. Mereka mau berkata “ya”, tetapi mereka harus berkata “tidak” atau sebaliknya. Anda bisa bertanya kepada orang Jawa yang sedang marah kepada anda, “ apa anda marah kepada saya?” mungkin dia akan tersenyum dan berkata “tidak”. Meskipun dia benar-benar marah kepada anda. Kalau anda ada ide dan orang Jawa tidak suka ide itu, dia tidak spontan berkata “tidak”. Kalau teman anda datang ke rumah anda dan anda berkata,” mau minum?”. Mungkin teman Jawa anda akan berkata,”tidak, tidak usah repot-repot” tetapi sebaiknya anda memberi dia minum.

No comments:

Post a Comment